Cara Pengendalian Hama Wereng , AMPUH dan BIJAKSANA

Hallo Sobat Pertanian Kita

Petani padi sudah tidak asing lagi dengan Wereng coklat (Nilaparvata lugens Stal.) merupakan hama dari golongan insekta yang sangat merugikan usaha tani padi. Serangan wereng coklat yang sangat berat bahkan bisa mengakibatkan fuso ( gagal panen ). Hal ini tentunya jadi momok bagi petani karena bisa mengakibatkan kerugian di tingkat petani.

Wereng menyerang pada smua stadia pertumbuhan padi dengan cara menghisap cairan tanaman. Populasi tinggi wereng coklat dapat menyebabkan daun berubah kuning oranye sebelum menjadi coklat dan mati. Kondisi ini disebut hopperburn, membunuh tanaman Wereng coklat juga dapat menularkan penyakit kerdil hampa dan kerdil rumput yang sampai saat ini tidak bisa diobati.



Ada Pun Beberapa Musuh Alami Wereng Yang Sobat Pertanian Kita Perlu Tahu, Yaitu:
1. laba-laba serigala
2. kepik mirid
3. kumbang koksinelid
4. capung jarum
5. kumbang paedorus
6. belalang bertanduk panjang
7. kumbang karabid

Sebenarnya di alam sudah ada musuh-musuh alami hama wereng, kerana terlalu banyaknya jumlah populasi hama wereng serta kebiasaan petani yang masih kurang bijak dalam penggunaan pestisida saat pengendalian mengakibatkan hama prodator wereng pun ikut mati.

Kita Juga Perlu Tau Tanda-tanda Serangan Hama Wereng , diantaranya :

1. Menguning dan mengering dengan cepat.
2. Umumnya gejala terlihat mengumpul pada satu lokasi dan melingkar (hopperburn). Wereng coklat merupakan vektor (penular) penyakit virus kerdil rumput tanaman padi

Kenapa kita perlu tau tanda-tanda tanaman terserang hama wereng, supaya kita sebagai petani tidak salah mengidentifikasi sehingga dalam pengendalian bisa tepat.

Cara Pengendalian :

A. Pencegahan :

1. Bersihkan gulma dari sawah dan areal sekitarnya.
2. Penggunaan varietas unggul tahan wereng contoh adalah Inpari 42 dan Inpari 43.
3. Amati wereng di persemaian setiap hari, atau setiap minggu setelah tanam pindah pada batang dan permukaan air. Periksa kedua sisi persemaian. Pada tanaman yang lebih tua, pegang tanaman dan rebahkan sedikit dan tepuk dengan pelan dekat bagian basal untuk melihat kalau ada wereng yang jatuh ke permukaan air.
4. Gunakan perangkap cahaya
5. Tanam jajar legowo 4:1 atau 2:1
6. Pemupukan berimbang

B. Pengendalian hayati

1. Penggunaan agensi hayati Metharizium anisopleae dan jamur Beuveria sp, Verticillium.
2. Pengendalian menggunakan musuh alami/ predator (paedorus fuscifes, laba-laba, cooccinella sp, Ophionea nigrofasciata dll). Untuk memanfaatkan predator ini kita harus melakukan pengamatan minimal 1 minggu 1 kali dan gunakan insektisida yang selektif untuk menghindari terbunuhnya musuh alami tersebut.

C. Pengendalian kimiawi

Penggunaan insektisida berbahan aktif buprofezin , BPMC, imidakloprid, pymetrozin, triflumezopirim.
Atau dengen merk dagang : plenum,pexalon,sidabas,applaud,imar dll.
( Untuk pengendalian menggunakan insektisida , menggunakan pexalon yang paling jos menurut pengalaman di lapangan ) .

Penggunaan insektisida yang tidak sesuai akan mengganggu keseimbangan alami karena terbunuhnya musuh alami wereng, menyebabkan resurjensi atau ledakan serangan hama wereng. Oleh karena itu dapat penggunaan pestisida haruslah secara bijaksana serta 4T ( tepat guna, tepat sasaran, tepat dosis, dan tepat waktu ).

Demikian pembahasan kita mengenai cara pengendalian hama wereng coklat pada tanaman padi . Dan petani dapat mendapatkan hasil yang maksimal setelah tau cara pengendalian hama wereng.
Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. The Rise of Wynn Resorts | DrmCD
    LAS VEGAS – 남양주 출장샵 Wynn Resorts 경산 출장샵 (NASDAQ:WYNN) 부천 출장샵 stock is up 16%. As the world's 부산광역 출장마사지 largest independent gaming company, Wynn Resorts, LLC (NYSE:WYNN), 삼척 출장안마

    BalasHapus

Menguntungkan !!! Siasat cara menghadapi pandemi virus corona . Dengan cara budidaya lele dalam drum .

Hallo sobat pertanian kita  Kegiatan budidaya lele memang menjadi salah satu usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi di kondisi adanya pe...