Menguntungkan !!! Siasat cara menghadapi pandemi virus corona . Dengan cara budidaya lele dalam drum .

Hallo sobat pertanian kita 

Kegiatan budidaya lele memang menjadi salah satu usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi di kondisi adanya pendemi virus corona seperti sekarang ini membuat perekonomian melemah serta membuat banyak orang bnyak yang menganggur dan bingung tidak ada pemasukan ekonmi, "mau melakukan usaha apa" ???? Usaha ternak lele dalam drum menjadi jawabannya.



Beberapa hal yang perlu di persiapkan dan Cara Membuat Kolam Drum

1. Persiapan Membuat Kolam Lele

- Siapkan Drum Plastik atau terpal
- Air
- Bibit Lele

2. Keunggulan Ternak Lele Menggunakan Kolam Drum Plastik

=> Bisa di aplikasikan di lahan sempit
Salah satu keunggulan yang paling menonjol dari penggunaan drum plastik ini adalah mengenai tempat. Dimana kolam drum plastik bisa di tarok dimana saja sekalipun di lahan yang sempit.

=> Hemat waktu
Dibandingkan dengan kolam tanah atau kolam beton yang harus melakukan penggalian terlebih dahulu, maka pembuatan kolam drum ini lebih hemat waktu. Karena kita hanya perlu membeli drum plastiknya saja kemudian isi dengan air.

=> Proses panen lebih mudah dan cepat
Proses panen ikan lele di dalam kolam drum plastik lebih mudah dilakukan dari pada panen ikan lele di kolam. Anda bisa menyurutkan air di dalam drum terlebih dahulu kemudian gunakan serok pakai jaring serok. 

Persiapan dan Cara ternak lele dalam drum atau bioflog

1. Persiapan Membuat Kolam Lele

=> Siapkan Drum Plastik
    Untuk drum anda bisa membeli drum plastik dengan ukuran 200 liter lalu lubangi bagian atasnya. Kemudian cuci bersih drum plastik tersebut.

=> Pengisian Air ke Dalam Kolam
    Isi drum dengan air sumur atau air sungai yang bersih setinggi ½ dari tinggi drum atau maksimal setinggi ¾ dari tinggi drum. Untuk mempercepat proses pematangan air, anda bisa menambahkan cairan EM4 ke dalam kolam. Tunggu beberapa hari dan warna air kolam akan berubah menjadi lebih gelap. Setelah air berubah warna maka kolam telah siap untuk dimasukkan benih.

2. Penebaran Bibit Lele

Setelah anda menyiapkan bibit lele yang baik dan siap tebar, maka masukkan bibit tersebut ke dalam kolam.  Saat memasukkan bibit ke dalam kolam, jangan dilakukan secara langsung karena akan membuat ikan lele menjadi stress dan mati. Sebaiknya masukkan bibit lele beserta wadah bawaannya misal jerigen, letakkan ke dalam kolam dan biarkan selama 15 – 30 menit. Biarkan hingga lele bisa beradaptasi dengan kondisi suhu dan air di dalam kolam. Setelah itu miringkan wadah dan biarkan bibit lele keluar dengan sendirinya.

Untuk kolam drum dengan ukuran 200 liter, jumlah bibit yang disarankan untuk ditebar adalah maksimal 200 ekor. Hal tersebut untuk mengurangi risiko kematian lele akibat kepadatan yang terlalu tinggi. Jika setelah bibit ditebar terdapat beberapa bibit yang mati, maka segera buang bibit yang mati tersebut.

3. Pakan

Anda bisa memberikan lele anda pakan 3 kali sehari. Pakan utama bisa berupa pelet. Saat lele masih dalam bentuk bibit, pelet yang digunakan adalah pelet dalam bentuk crumble. Saat lele beranjak besar, pelet bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh lele. Pelet pun terdapat dua macam, yaitu pelet terapung dan pelet tenggelam. lebih kami sarankan menggunakan pakan terapung karna bisa mengurangi penumpukan sisa pakan di dasar kolam yang menjadikan kolam berbau.

4. Pemeliharaan

Hal penting yang harus anda ketahui dalam memelihara lele terutama dalam hal pakan adalah jangan sampai berlebihan dalam memberikan pakan. Jika lele sudah terlihat kenyang dan enggan menyantap pelet yang ditebarkan, maka segera hentikan menebar pakan. Jadi saat memberikan pakan sebaiknya dengan cara sedikit-sedikit, sehingga tidak akan mubadzir pakan. Selain dalam hal pakan, kualitas air kolam juga perlu diperhatikan demi kelangsungan hidup ikan lele. Jangan sampai ada timbunan pakan di dasar kolam karena akan menimbulkan gas amonia dan menyebabkan lele menjadi mati. Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman enceng gondok di permukaan kolam.

5. Panen

Setelah melewati masa pemeliharaan kurang lebih 3 bulan, maka lele pun telah siap untuk dipanen. .

Adanya teknologi baru mengenai ternak atau budidaya ikan lele dalam kolam drum ini bisa menjembatani dan menjadi jawaban anda yang ingin beternak lele namun tidak memiliki lahan luas disaat sulit karena pandemi virus corona.

Selamat mencoba semoga sukses
Salam sahabat pertanian kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menguntungkan !!! Siasat cara menghadapi pandemi virus corona . Dengan cara budidaya lele dalam drum .

Hallo sobat pertanian kita  Kegiatan budidaya lele memang menjadi salah satu usaha yang sangat menguntungkan. Apalagi di kondisi adanya pe...